Cara Memblokir Situs Website Tanpa Software

1370 views

Tips Komputer (Surabaya, 2011)

Cara Memblokir Situs Website Tanpa Software. Ada situs yang harus Anda blok?Karena tidak ingin dibuka anak-anak, atau ingin rekan Anda tidak facebookan aja?

Bertempur dengan pedang, musuh lari dan hengkang. Berperang dengan pistol, musuh semburat ke segala arah :-) Apakah anda berani bertempur tanpa pedang, Apakah Anda punya nyali berperang tanpa pistol? bertempur dan berperang dengan tangan kosong? Pasti Anda akan berpikir berulang kali bukan? kecuali jika Anda telah memiliki ilmu kebal dan tidak bisa di tembus pedang dan peluru. Halah kok ngelantur! hehehe :-)

Ibarat ilmu kebal, tips berikut ini akan membahas cara memblokir situs atau website tanpa software alias dengan tangan kosong hehehehe :-) sebuah tips yang sangat mudah dan gampang agar situs yang telah Anda tentukan tidak bisa di akses dengan alasan karena mengurangi produktifitas kerja, mengganggu aktifitas di kantor, membahayakan anak didik, tidak baik untuk putra-putri Anda dan sebagainya atau sekedar karena iseng saja (Eit!) :-)

Dengan alasan apapun Anda ingin memblokir sebuah situs atau website, Pastikanlah alasan tersebut tidak merugikan orang lain dan Anda memang berharap manfaat yang lebih besar dengan memblokir situs-situs tersebut. Inilah tips komputer untuk memblokir situs website tanpa software :

1. Klik kanan start program pilih explorer

2. Masuklah ke folder C:\WINDOWS\system32\drivers\etc

3. Cari file hosts

Cara Memblokir Situs Website Tanpa Software

4. Klik dua kali file tersebut sehingga keluar jendela Open With

5. Pilih notepad kemudian klik OK

6. Tambahi isi file tersebut setelah "127.0.0.1 localhost" (tanpa kutip) dengan alamat website yang akan Anda blokir misalnya :

127.0.0.2 www.facebook.com

127.0.0.3 www.google.com

127.0.0.4 www.youtube.com

maka situs www.facebook.com, www.google.com, www.youtube.com akan terblokir, jika ingin menambahkan lagi tinggal Anda lanjutkan:

127.0.0.5 ..... begitu seterusnya

7. Setelah selesai simpanlah perubahan yang telah Anda lakukan dengan pilih menu file pada notepad kemudian save

8. Sekarang bukalah alamat-alamat yang telah diblokir tadi, maka alamat-alamat tadi tidak akan bisa diakses

9. Selamat Anda telah berhasil menguasai Tips Mudah Cara Memblokir Situs Website Tanpa Software

Demikianlah Tips Trik Komputer tentang Tips Mudah Cara Memblokir Situs Website Tanpa Software semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga menjadikan belajar komputer online kita bermanfaat

Cara Memblokir Situs Website Tanpa Software - Copyright : Tips Komputer | Trik Komputer | Belajar Komputer Online

Tags: #agar situs tidak dapat di akses #cara blok web #cara memblokir situs #cara memblokir web #cara memblokir web tanpa software #cara memblokir website #tips memblokir website

  1. Bilmanda4 years ago

    kok pas di save, malah jdi kyk d save as y?

    Reply
    • sriponco2 years ago

      kemungkinan juga itu dari setingan sicurity nya klick kanan properties beri akses full di sicurity-nya

      Reply
  2. Saiful Arifin4 years ago

    Kemungkinan file hosts dalam kondisi read only jadi klik kanan pada file hosts, pilih properties, hilangkan centang pada atribut Read Only. Tekan OK, baru setelah itu Anda edit file hosts-nya. Semoga bisa membantu :-) terimakasih kunjungannya

    Reply
  3. Rica3 years ago

    untuk menghilangkan situsnya tinggal di edit->delete yang sudah kita ketik kan ?
    thx

    Reply
  4. baskoro3 years ago

    setting dulu ….klik kanan di host klik kanan lalu masuk ke properties lalu pilih toolbar security dan setting hak acces user kamu sebagai administrator tertinggi, soalnya hak acces tertinggi di win7 biasanya tidak di tampilkan, jadi user admin yang kamu pakai masih user limited…
    u centang semua combo box user kamu, lalu save, dan lakukan perubahan pada file host lalu save…ok

    Reply
  5. farkha3 years ago

    wah terima kasih ya atas infonya, sangat bermanfaat.

    Reply
  6. yunus3 years ago

    mantap

    Reply
  7. darwin3 years ago

    ko cara nya tdk bisa
    Pas proses SAVE nya tdk mau

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin3 years ago

      Atribut file masih read only, silakan klik kanan pada filenya, properties, hilangkan centang pada read only. Makasih atas kunjungannya mas Darwin :-)

      Reply
  8. jalu3 years ago

    saya coba di xp bisa, tapi kalo pake w7 gimana gan..??

    Reply
  9. Rachmat3 years ago

    terima kasih atas tipsnya, sekarang komputer saya bisa memblock situs porno dan lain lain, sekali lagi terima kasih

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin3 years ago

      Sama-sama mas Rachmat semoga bermanfaat untuk kita semua :-)

      Reply
  10. shadowk3 years ago

    yap, sudah terblokir :)

    Reply
  11. gaban3 years ago

    mantap gan , terima kasih

    Reply
  12. bob2 years ago

    kalo mau buka blokirnya lg caranya gimana yah? trims

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin2 years ago

      Edit lagi mas file hostsnya, delete situs yang tadinya diblokir :-)

      Reply
  13. ridha2 years ago

    makasih infonya gan,
    sangat bermanfaat….

    Reply
  14. robie2 years ago

    oh properties nya di setting dulu ya gan, oh ya gan ini kan situs nya, gmana kalo aplikasi nya yg kita blokir contohnya camfrog video chat, kebetulan sy ingin memblokir aplikasi tsb gimana ya cara nya. Padahal sudah sy laporkan ke nawala dan menkominfo, hanya isp smartfren yg belum memblokirnya.. Makasih ya Sebelumnya

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin2 years ago

      Kalo aplikasinya belum bisa membantu mas Robie. Oia btw tentang camfrog sebenarnya bsia menjadi media positif, tapi sayang sekali banyak yang menggunakan untuk hal yang kurang baik. Saya dukung laporannya ke kominfo mas, semoga direspon :-) makasih kunjungannya maaf belum bisa membantu, mungkin teman-teman yang lain silakan berkomentar

      Reply
  15. Mhie2 years ago

    ini sanget bermanfaat bagi kelangsungan game xor rohan…

    makasih ea…

    aku kasih jempol 99999 bwt situs ini

    Reply
  16. Rhizumy2 years ago

    ko’ pas saya centang red only dan hide nya file hosts nya hilang, kemana ya???

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin2 years ago

      Tidak hilang mas, tetapi disembunyikan karena atributnya berubah ke hide. Untuk membukanya bisa diatur menggunakan option windows explorer Anda

      Reply
  17. Martin2 years ago

    Bagaimana caranya agar settingan ini berjalan di akun guest? Karena setiap saya setting dari akun administrator saya juga tidak bisa akses FB.
    yang saya mau, settingan ini berjalan pada akun guest, tapi tidak berjalan pada akun administrator.

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin2 years ago

      Saya belum tahu cara yang tepat untuk mas Martin. Mungkin teman-teman lain bisa membantu?

      Reply
  18. k_onecha2 years ago

    thx bro atas ilmu nya..
    moga bermamfaat tuk yg lainnya

    Reply
  19. onecha2 years ago

    thx bro atas ilmu nya

    Reply
  20. Dedy Kusuma2 years ago

    makasih gan atas ilmu yang di berikan … bermanfaat bnget,.. :)

    Reply
  21. Iwan2 years ago

    Akhi, sudah dicoba add youtube, msh bisa diakses:

    # localhost name resolution is handled within DNS itself.
    # 127.0.0.1 localhost
    # 127.0.0.2 http://www.youtube.com
    # ::1 localhost

    Mohon advisenya.

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin2 years ago

      Jangan lupa close dulu firefox setelah tweak registrynya, baru akses lagi firefoxnya, baru bisa ngefek cara ini mas bro :-) makasih kunjungannya

      Reply
  22. nyanyang2 years ago

    tolong beri penjelasan bos, sudah aku save hosts nya untuk sementara memang aktif, tapi setelah di restar kok bisa tidak aktip lagi, aku cek lagi file hosts nya, ternyata file hosts nya kembali lagi seperti semula, gimana bisa jadi begitu?

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin2 years ago

      Cek atribut filenya gan, hilangkan centang pada read only dengan cara klik kanan pada file hosts pilih properties. Kalo masih tidak bisa juga cek apakah komputer di deepfreeze? Ataukah firewall masih aktif?

      Reply
  23. kris2 years ago

    kalo untuk XP SP3 gmna cara nge”save”nya mas?? sudah dicoba tapi tetap “denied”. padahal kondisi file hosts nya tidak read only.

    trims mas

    Reply
  24. non2 years ago

    klo di W7 cranya gmna,,aq dah coba cara ini tp msh bsa dbuka situsnya

    Reply
  25. andri2 years ago

    kalo di google chrome berpengaruh tidak ..??

    Reply
    • Author

      Saiful Arifin2 years ago

      Insya Allah juga ke blokir :-) makasih kunjungannya mas Andri

      Reply
  26. adjie tjatoer2 years ago

    terima kasih mas atas ilmunya,,sangat bermanfaat..

    Reply
  27. agusss2 years ago

    Gan koq malah klwar banyak :D

    Reply

Leave a reply "Cara Memblokir Situs Website Tanpa Software"

Author: 
Saiful Arifin, seorang pembelajar yang tidak pernah mau berhenti untuk belajar. Tidak mau terikat oleh identitas apapun karena tidak ingin dibatasi saat belajar apapun. Baginya sains, agama dan seni adalah utuh dan satu. Menyukai puisi, musik dan teknologi. Sekarang aktif mengajar di Khadijah Surabaya sekaligus menjadi bagian dari blogger Indonesia.