Tips Jitu Cara Instal Ulang Komputer Yang Baik dan Benar

Tips Jitu Cara Instal Ulang Komputer Yang Baik dan Benar sesuai dengan pengalaman yang telah di uji dan terbukti sebagai tips yang bermanfaat dan berguna untuk menambah pengalaman di bidang komputer

Tips Komputer (Surabaya, 2011)

Definisi instal ulang belum ada bakunya, tetapi yang dipahami oleh khalayak secara umum adalah proses instal kembali sistem operasi komputer beserta program-program di dalamnya. Ha ini bisa disebabkan karena operating sistem rusak atau hancur karena virus komputer sehingga OS perlu diremajakan kembali.

Namun, ketidaktahuan kita tentang cara instal ulang komputer yang baik dan benar akan membahayakan sekali, bisa-bisa setelah instal ulang kita melongo karena data-data habis terformat saat proses instal ulang, atau malah komputer Anda membisu tanpa suara karena sound card tidak dikenali dan Anda tidak memiliki drivernya.

Oleh karena itulah, tips komputer berbagi tips komputer jitu cara instal ulang komputer yang baik dan benar berikut ini :

1. Pastikan CD Installer Windows Anda Original

Banyaknya sweaping aparat di tempat-tempat publik adalah langkah untuk menekan pembajakan software. Jika Anda ketahuan memakai sistem operasi dan software bajakan tentu akan terkena dampak razia ini. Agar lebih aman pakailah CD original atau pakailah OS Open Source seperti Linux.

2. Sebelum Instal Ulang catat serial number CD Installer OS Anda

Serial number adalah hal yang penting, apa jadinya jika Anda telah melakukan proses instal ulang ternyata di tengah-tengah proses harus terhenti karena serial numbernya lupa atau tidak ada. Ibarat nasi setengah matang, di makan tidak enak di buang pun mubazir. Jadi pastikan serial number CD Installer Anda telah Anda catat.

3. Backup terlebih dahulu data-data penting dari drive C:

Data-data yang tersimpan di folder My Documents secara default berada di drive C, jika Anda tidak melakukan backup terhadap file-file dalam folder ini bersiaplah kehilangan data-data penting yang tersimpan didalamnya.

4. Siapkanlah Driver yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda

Driver hardware yang tidak plug and play dengan driver bawaan OS tentu akan menjadi masalah setelah proses instalasi OS selesai. Jika OS tidak bisa mengenali perangkat suara pada sound card atau chipset sound, misalnya, dapat dipastikan komputer Anda akan membisu saat digunakan memutar musik atau film. Jadi siapkanlah driver sesuai dengan spesifikasi komputer Anda

5. Siapkanlah master program dan software yang dibutuhkan komputer

Program-program yang ada di komputer saat dilakukan instal ulang akan hilang tanpa jejak. Oleh karena itu siapkanlah CD-CD program yang akan Anda gunakan untuk instalasi setelah OS terinstal ulang di komputer seperti CD Microsoft Office, Multimedia, Utility, Design dan sebagainya.

6. Ikuti langkah-langkah instalasi yang benar

Ikutilah langkah instalasi operating sistem yang benar. Dalam blog ini telah saya sertakan cara instal windows XP dan cara instal windows 7 lengkap dengan gambarnya.

Demikianlah Tips Trik Komputer tentang Tips Jitu Cara Instal Ulang Komputer Yang Baik dan Benarsemoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga menjadikan belajar komputer online kita bermanfaat :-)

Copyright : Tips Komputer | Trik Komputer | Belajar Komputer Online

40 thoughts on “Tips Jitu Cara Instal Ulang Komputer Yang Baik dan Benar

    1. Banyak penyebabnya mas komputer matot, silakan cek mulai dari bagian power supply komputer (kondisi kabel power, power supply, saklar power supply). Jika OK cek kondisi Motherboard dan juga Virtual Graphic Card-nya. Saran saya sebaiknya jika Mas Reno didampingi langsung oleh pihak service komputer. TErimakasih semoga bermanfaat 🙂

  1. ooh gitu… yah… thanks mas tipsnya. saya pernah servis ke orang lain dan nginstall Windowsnya kok via USB itu gimana caranya mas?.

  2. saya pernah mencoba install windows 7 di komputer saya yang sebelumnya XP.namun saya gunakan software transfomer waktu itu.hanya berubah tampilannya saja seperti windows 7.namun kenapa lebih berat dan lambat dalam membuka file baik di Ms word maupun excel.

  3. 🙂 kirimannya hanya setiap ada update artikel baru aja mas, artikel lama tentu belum bisa masuk. Insya Allah saya akan bikin ebooknya aja mas biar bisa lebih bermanfaat bagi teman2 semua. mohon dukungannya n Makasih kunjungannya mas Pramono

  4. mas, kalo cara menginstal ulang , komputer saya hidup tetapi tk bisa d gunakan , ketika d hidpkan d layar monitor ad informasi tentang kapasitas sluruh data/ RAM . itu apa ya yang kena?? n mas tau gak cara memulihkan.ya???

  5. Terimakasih atas kunjungannya mas Robby. Saya belum bisa menangkap pertanyaan mas, yang saya pahami dari pertanyaannya komputernya tidak bisa booting? Jika benar, apakah ada suara beep tertentu yang terdengar? Jika iya, cek di sini http://tips-komputer.com/tips-komputer-dasar-3-arti-9-jenis-beep-komputer-tiiiiiiiiiiiiit.html

    Untuk lebih jelasnya mas Robby bisa meninggalkan pertanyaan di http://tips-komputer.com/kontak akan saya balas via email. semoga membantu 🙂

  6. prtanyaan.a : komputer saya hidup , tetapi ktika d hdupkan layarnya ada inform tentang sluruh kapasitas memory ram, dan tdk bisa d operasikan , itu kyak mana mas??

  7. gak tau mas, baterai biosnya dimana??
    pas d hidupin ad inform tentang AMIBIOS itu apanya???
    tombol numlocknya hidup tapi capslocknya tdk.

  8. Askum N met pagi gan,, met sahur juga. Ane maw nanya ni, dari post mas di atas jelas klw maw INUL OS musti punya CD BOT + CD Program STD WIN N driver. Permaslhanya gini gan,, ane cuma punya cd bot win XP sp2, sp3 dan win7. Kalaw seandainya kita maw menyalin program2+driver dari pc lain itu gimana langkah2nya? Atau ada gak blog yg menyediakan ALL program win default + serial numb nya sekaligus driver2nya. Cz ane tanya ma tu pnjual cd os katanya ga da/ga jual cd driver+program2 standrd windws. Atau adakah cara yg lebih mudah slain cara di atas? Oya, ane prnah dnger kalw maw INUL PC musti punya cd os+cd mobo. Apa aja fungsi dan kgunaan cd mobo dan bagaimana klw kita gak punya cd mobonya? Tolng di jawab ya gan,, pc ane dah mulai kritis nich. Thanks sbelumnya dan smoga blog ni tambh maju + makin ramai pngunjungnya.

  9. Waalaikumsalam Agan Master, makasih suportnya. Met puasa 🙂 Gini gan :
    1. Kalo tidak punya CD Driver dan Program, kloning saja komputernya dengan program GHOST dengan syarat mobo-nya sama
    2. CD mobo digunakan untuk instalasi driver gan, VGA, soundcard, chipset, etc
    Semoga membantu gan

  10. Brarti cd mobo bsa repair driver jga ea gan? Prmaslhnya gini, Tmen ane ada cd mobo yg sama kyk mobo yg ane pake. Sdangkan driver ane ada yg ilang pada properties: sound, video and game controller. Itu cara repair/inul drivernya gmna gan? Tlg ajarin step by step. 1masalh lagi, plug in mic ama headset yg di bagian dpan CPU ga fungsi ktika ane colokin headset + mic. Warningnya jga ga ada. Ntu nyang perlu di repair driver apa dan gmna lngkah2nya? Bnernya msh bnyk troubleshot di pc ane, cuma ane maw test repair sndri 1per1. Sukur2 bsa jadi master pc kyk agan. Hehehe… Pliz… Bntu ane gan,, thanks sbelmnya.

    1. 🙂 Insya Allah saya bantu sampai tuntas gan Master hehe ntar saya posting cara install driver secara manualnya. Untuk sound yang di depan harus di liat dulu di mobonya apakah ada slot untuk sound tersebut. Biasanya ada kabel perpanjangan warna putih ke belakang. Kalau boleh tahu pake mobo merk apa dan casing merk apa?

    1. Biasanya untuk win7 sudah plug n play pada bebrapa hardware shinnga tidak perlu driver lagi.Saya biasanya gooling untuk mencari driver netbook. Di web resmi merk netbook biasanya telah tersedia Agan Faiz 🙂

  11. maaf ka sya mw bertanya nih klo data yg di local disk c itu ilang gmn yh k ilangnya itu kyk gx ada isinya sma sekali ka dan di buka pun gx bsa tolong balaz y ka ^_^

    1. Maksudnya datanya ilang setelah instal ulang ya? Lain kali dibackup dulu data pentingnya. Kalo sudah ilang tenang saya, silakan cari software recovery. Saya biasa pake easy recovery, silakan googling aja mas Tomy 🙂 makasih kunjungannya

  12. gan gw pemula banget, selama ini kalo pc rusak selalu ke tempat service…
    tapi karena keseringan saya jadi malas…
    sekarang mau belajar instal ulang…

    yang mau saya tanya kan kalo kita instal ulang, yang di instal untuk mengaktifkan komputer cuma os windiows aja ya???
    mohon bantuan nya

    tlg mc ke 0852682xxxxx biar gw hub (edited, red)

    1. Rekan Andika terimakasih atas kunjungannya, instal ulang OS itu bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu full instal atau cuma repair. Jika full instal maka setelah instal OS windows perlu instal program dan driver hardware lagi. Jika cuma di repair, cukup instal OS saja tanpa menghilangkan program dan driver yang terinstal. Semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *