Skip to content

Hibernating Windows 10 Cara Atasi Hibernate Laptop

Berbeda dengan sleep mode, hibernate membuat laptop atau komputer mati secara langsung, bukan membuat laptop anda istirahat. Meskipun demikian, fitur ini menyimpan kegiatan terakhir yang Anda lakukan pada laptop atau komputer. Sehingga ketika laptop dihidupkan kembali, Anda masih bisa mengakses kegiatan terakhir yang Anda kerjakan. Biasanya mode ini aktif secara otomatis saat baterai laptop dalam keadaan mau habis. Sistem yang mengetahui kondisi ini akan secara sponton melakukan hibernate -mamatikan laptop – untuk menyelamatkan seluruh kegiatan Anda bersama laptop yang belum tersimpan. Dan akan mengembalikannya setelah daya laptop telah kembali. Inilah bahasan kita kali ini seputar fitur hibernating windows 10 cara mengatasi laptop hibernate sampai tuntas!

hibernating windows 10 laptop hibernate

Penyebab utama Hibernating Windows

1. Perangkat Laptop atau Komputer Kepanasan – Over Heating

Panas berlebih seringkali terjadi saat Anda terlalu lama menggunakan laptop untuk main game dengan kualitas grafis tinggi. Hal ini menyebabkan suhu perangkat naik sehingga terlalu panas. Secara otomatis laptop akan melakukan hibernasi (hibernating) untuk memutus penyebab panas berlebih dan mengembalikan suhu laptop dalam kondisi aman. Panas berlebih pada laptop atau komputer dapat merusak hardware. Inilah fungsi dari hibernate.

Selain penyebab diatas, overheating bisa terjadi akibat sirkulasi udara atau pendingin latop tidak berfungsi dengan baik. Hindari penggunaan laptop diatas kain atau kasur, karena kain atau kasur bisa membuat sirkulasi pendinginan laptop terganggu. Sebab lain, prosessor yang fannya kurang bekerja optimal pun akan membuat laptop overheat. Pastikan fan prosesor bekerja dengan baik. Anda bisa membaca artikel terkait hal ini disini: Tips Ringan Cara Mendinginkan Prosesor

2. Penggunaan Memory dan CPU Tinggi

Pengguaan memory RAM dan CPU tinggi bisa saja terjadi hingga mencapai hampir 100%. Meskipun hal ini tidak menyebabkan overheating, tetapi hal ini bisa memicu sistem untuk melakukan hibernate. Anda bisa mengecek penggunaan hal ini degnan cara masuk ke task manager kemudian pilih saja tab performance. Pada bagian ini akan terlihat pemakaian RAM dan CPU anda oleh masing-masing software atau program yang sedang berjalan. Jika ada program yang penggunaan ram dan cpunya tinggi sekali, bisa anda tutup dengan memilih opsi End Task.

3. Daya Bateri Laptop Drop

Ketika baterai laptop sudah tinggal 10% biasanya akan ada peringatan bahwa baterai laptop perlu segera di charge. Namun, jika Anda mengabaikannya hingga baterai benar-benar kritis, maka secara otomatis sistem akan melakukan hibernating laptop Anda. Jadi, agar tidak mengganggu kenyamanan Anda selama menggunakan laptop, pastikan laptop tidak jauh dari sumber daya listrik dan charger tersedia.

4. Serangan virus atau malware

Abai terhadap update antivirus atau antimalware bisa mengaktifkan mode hibernating laptop Anda, saat virus atau malware membebani sistem RAM maupun CPU dengan proses yang menghabiskan kapasitasnya. Selalu update antivirus dan malware merupakan solusi untuk mencegah hal tersebut terjadi.

5. Driver atau Operating System Windows sedang Error

Jika dipoint 4 serangan itu dari luar melalui virus atau malware, point 5 ini bak serangan ‘orang dalam’ hehe driver yang rusak atau tidak diupdate membuat komponen hardware tertentu tidak terdeteksi atau tidak lengkap dikenali oleh sistem. Akibatnya terjadi hibernating windows. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan update driver atau sistem repair windows.

Cara Mengatasi Hibernating Windows 7, 8, 8.1, 10 di Laptop

  1. Tekan tombol power, tahan agak lama, sampai laptop mati. Tandanya terdengar bunyi ‘klak’ dari hardisk yang ada didalam laptop.
  2. Cabut charger yang terhubung ke listrik (bila terhubung).
  3. Lepas baterai laptop.
  4. Kemudian tunggu sampai beberapa waktu hingga kondisi laptop mendingin.
  5. Hidupkan kembali Laptop Anda
  6. Selesai, kini laptop Anda akan normal kembali

Jika Anda menggunakan laptop baterai tanam sama saja dengan cara diatas, hanya saja tidak perlu melakukan langkah 3. Demikianlah tips komputer dalam bahasan seputar hibernating windows atau hibernate laptop. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.