Skip to content

Perbedaan JPG dan PNG, Bak Pinang Dibelah Dua?

Hi Bucin IT, Apa kabar? bagi kamu yang suka ambil foto atau image dari mesin pencari google misalnya, tentu tak asing dengan dua format file ini. File image berekstensi JPG dan PNG. Sama-sama merupakan format file image yang paling banyak bertebaran di internet, tidak seperti format file BMP tentunya. Beberapa orang mungkin tidak tahu beda png dan jpg. Oleh karena itulah dalam artikel kesekian kali mari kita telisik perbedaan JPG dan PNG, apakah benar bagai pindang eh! pinang dibelah dua? Sehingga sulit dibedakan?

Perbedaan JPG dan PNG

Perbedaan JPG dan PNG

1. Aspek Kualitas Gambar

Dalam sisi kualitas gambar terdapat perbedaan PNG dan JPG yang sangat mencolok. Anda dapat melakukan pembuktian dengan melakukan perubahan resolusi gambar. Jika kita mencoba mengecilkan resolusi pada gambar PNG, kulitas gambar tetap bagus mau seberapa kali kita melakukan pembesaran. Sedangkan, hal sebaliknya terjadi pada file JPG. Ketika kita melakukan pengecilan terhadap resolusinya, kualitasnya berkurang bahkan gambarnya menjadi kurang jelas dan sedikit kabur.

2. Sisi Ukuran

Bisa dibilang sebagai kelebihan berikutnya dari file PNG selain tetap terjaga kualitasnya meski resolusi diubah, file PNG memiliki ukuran file lebih kecil daripada file JPG ketika saat ingin sama-sama mempertahankan kualitas gambar. Cobalah gunakan photoshop untuk membuktikannya. Sebelum kita menyimpan file JPG akan muncul pilihan ukuran file yang kita inginkan: low, medium, high atau very high.

Baca Juga: Tips Mudah Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Untuk Upload Di Internet 

3. Penggunaan

Dari sisi pemakaian atau penggunaan. Biasanya format file foto dalam fotografi berformat default sebagai file JPG. Semisal saat kita memotret obyek tertentu menggunakan kamera smartphone maupun kamera digital, format gambar yang dihasilkan merupakan file JPG. Beda dengan file PNG yang penggunaannya biasanya untuk gambar-gambar ilustrasi seperti gambar vector maupun gambar animasi.

4. Kompresi

Pada file image berjenis PNG fitur kompress yang digunakan disebut losless. Dimana foto dapat dioptimalkan tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. Hanya saja proses ini menyebabkan ukuran filenya jadi membesar. Sedangkan, file berjenis JPG kompresinya dinamakan lossy. Fitur ini membuat ukuran foto berformat JPG menjadi lebih optimal.

5. Fitur Spesial

Perbedaan jpg dan png berikutnya adalah dalam sisi fitur khusus sesuai penggunaannya masing-masing. File image atau photo berformat JPG dapat menyimpan informasi tambahan seperti waktu pengambilan foto, resolusinya, jenis kamera, hingga lokasi pengambilan foto. Fitur ini disebut EXIF yang memudahkan kita untuk mendapatkan informasi tambahan sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Sedangkan, file image PNG memiliki fitur transparency. Dengan fitur ini kita bisa menyatukan gambar dengan gambar lainnya karena memiliki background transparan.

Demikianlah beberapa perbedaan png dan jpg. Gimana nih pendapat kalian? tulis saja di kolom komentar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.